BIRO-Travel
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

PERAYAAN DAN ACARA TRADISI Di PULAU KARIMUNJAWA

Ada dua perayaan besar yang biasa dilakukan di pulau karimun jawa, diantaranya adalah :

  • Festival Barikan Kubro

Bagi masyarakat festival barikan termasuk festival yang sakral dan penting untuk dilakukan, bahkan dilakukan secara turun temurun. Acara ini merupakan wujud syukur atas hasil laut dan bumi yang sudah diberikan untuk masyarakat yang tinggal di Karimun jawa.

 

Selain itu festival ini juga selalu dirayakan oleh masyarakat Jepara setiap tahunnya. Tidak hanya hasil dari bumi seperti buah, sayur dan padi melainkan hasil laut yang bisa didapatkan akan langsung digantungkan dan diarak bersamaan dengan tumpeng.

Selayaknya festival arak-arakan pada umumnya. Hal yang paling sering dijadikan bahan rebutan adalah kacang hijau dan garam yang ada pada puncak tumpeng , karena dianggap bisa membuat masyarakat beruntung dan menghindari dari hal-hal yang tidak baik. Bisa dikatakan kacang hijau dan garam sebagai jimat tolak bala.

Acara kedua yakni acara tahunan kabupaten jepara untuk meningkatkan hasil kerja sama baik dari kementrian kelautan dan masyarakat, dengan acara menampilkan budaya dan kesenian khas karimun jawa. Hasil laut akan diarak dan ditampilkan, setelah itu dipilih oleh ementrian sebagai bahan yang bisa dijual dan menjadi tumpuan untuk menaikan ekonomi dan potensi wisata di karimun jawa.

  • Karimunjava sail

Berita dan Informasi Lainya